Rabu, 15 Desember 2010

13 desember 2010

     Siang-siang waktu itu baru pulang sekolah. Aku, Mama, Raras, Sista otw pulang. Pas di tengah perjalanan tiba-tiba mama nanya 'mau ke gereja yg di dket jembatan sayidan itu gak?' Wow aku langsung pengen banget secara daridulu aku udah penasaran sama bangunan kuno itu. Akhirnya kita berhenti. Tapi mama gak ikut jadi mama nunggu di mobil, terus aku, raras, sista yang ke sana. Kita masuk deh tuh nyari-nyari jalan menuju bangunan kuno itu. Terus kita liat bangunan kuno itu dari polsek gondomangan atau gondomanan gitu aku lupa agak deket. Jadi kita muter deh masuk gang-gang kecil gtu. Lumayan jauh, mblusuk-mblusuk gitu lagi. Kita jalaan terus jalan dan akhirnya kita sampai.
    WOW! indah banget! ternyata kalo kita liat lebih deket tuh indah banget walaupun kuno. Bangunan nya aku akuin serem. bikin merinding apalagi daerah di situ agak sepi. Pintu nya ketutup tapi,di kunci gitu. Tapi di pintu itu nomor 105 dan paling atas tertulis ukiran-ukiran gitu. Tulisannya 'ullen sentalu' . Nama yang asing menurutku. Nggak tau deh tuh bahasa apaan. Terus di tengah pintu nya kayak ada bolongan kecil untuk ngintip. Tapi aku coba ngintip kayaknya dari dalem nya di tutupin kertas burem jadi nya gak bisa liat dalem nya. Rencana nya sih aku sama sitha pengen ngambil kawat yg ada di sekitar situ untuk nyoblos kertas buram itu, tapi di pikir-pikir takut juga. anti malah di gangguin berabe urusannya-_-.
    Di bangunan paling atas ada patung yesus lumayan besar. Ada patung malaikat-malaikat kecil juga, lonceng pun juga ada. Tapi emang dasarnya bangunan tua ya jadi agak kuno bgt gitu. Gara-gara penasaran disitu ada penghuni nya apa nggak, akhirnya kita ber tiga nanya orang setempat. kebetulan ada kakek-kakek agak tua gitu lewat. 
a: 'Pak ini bangunan apa yah? '
k: ' ini dulu gereja per orangan '
a: 'ada penghuni nya gak ya pak? '
k: 'gak ada. ini udah 10 tahun yg lalu di tutup'
a: '10 tahun?! emang di bangunnya tahun kapan pak? '
k: 'kurang tau saya, ini udah lama bgt kok. '
a: ' oh gitu iya deh makasih ya pak! '

   itu percakapan aku&raras sama kakek2 itu. Eh tiba2 sistha dateng dan bilang tadi dia barusan nanya sama ibu2 di sekitar situ. Kata nya juga sama sih, yang penting kata nya kita gak boleh ngomong sembarangan disitu. wuhuuu horror.
   Kita haus dan akhirna di deket situ ada warung, dan nanya sama ibu-ibu warung itu. 
a: ' bu itu bangunan ada yg nempatiun gak?'
i: 'udah kosong dari 10 tahun lalu.'
a: 'emang dulu nya tempat apaan to bu?'
a: ' dulu tuh itu punya orang cina suami isteri pengusaha batik. tapi udah pada meninggal. terus mereka punya 2 anak tapi sekarang udah pada besar-besar. udah pada sukses, jadi itu di kosongin. 
a: 'angker gak buu?'
i: ' ya kalo saya sih biasa aja, gak pernah di gangguin.'

 Tapi ini ada cerita beda lagi. Ini aku baru dapet dari kaskus. Jadi gini, dulu itu bukan gereja tapi rumah biasa. yang punya pengusaha batik gara-gara sering keluar negri jadi rumahnya gak ke urus gitu. Huaduuuh ini bener apa nggak jg gatau. :S


sori sih cuman mau berbagi cerita aja tanggal 13 des 2010. Kalo bener apa salah nya info itu kita ga tau soalnya cuma tau dari orang stempat. Untuk foto cari sendiri ya di google. THANKS!






 
 

0 komentar:

Posting Komentar